Selasa, 03 Juli 2012

Tim Nasional Basket USA Mengumumkan 20 Calon Pemain Untuk Olimpiade 2012


Tim nasional basket USA mengumumkan 20 calon pemain untuk Olimpiade 2012 London. Mungkin anggota timnas basket USA di Olimpiade 2012 akan lebih kuat dibanding dengan dua tim USA terakhir yang meraih medali emas.
"Di antara tiga tim USA yang pernah saya latih, tim Olimpiade 2012 akan menjadi tim paling bertalenta," ujar coach Mike Krzyzewski.
Blake Griffin dan LaMarcus Aldridge akan bergabung dengan 18 pemain yang sudah pernah berpartisipasi dalam Olimpiade 2008 atau kejuaraan dunia tahun 2010. Sebenarnya ketua dari tim basket USA, Jerry Colangelo, sudah berencana untuk memasukkan Blake Griffin ke dalam tim nasional USA di tahun 2009.
Namun karena Blake cedera satu musim pada saat itu, membuat ia harus tersingkir. "Saya yakin Blake akan mempunyai dampak yang signifikan terhadap timnas USA. Bila tidak sekarang, maka di masa mendatang," ujar Jerry Colangelo. Aldridge juga pernah masuk ke dalam roster timnas, namun mengundurkan diri untuk kejuaraan dunia tahun 2010 karena alasan pribadi. 
Delapan pemain dari tim Olimpiade 2008 yang masuk sebagai 20 calon pemain untuk Olimpiade 2012 adalah: Dwight Howard, Kobe Bryant, LeBron James, Carmelo Anthony, Chris Bosh, Dwyane Wade, Chris Paul, dan Deron Williams.
"Untuk bisa tergabung dalam tim USA merupakan sebuah kebanggaan besar. Saya mempunyai kesempatan untuk mewakili negara saya pada tingkat kompetisi tertinggi. 20 pemain yang tergabung dalam tim ini mempunyai kemampuan yang luar biasa, dan saya tidak sabar untuk segera memulainya," ujar James yang sudah 55 kali bermain untuk tim USA.
Sedangkan 10 calon pemain yang pernah berpartisipasi dalam kejuaraan dunia tahun 2010 adalah: Kevin Durant, Derrick Rose, Tyson Chandler, Eric Gordon, Rudy Gay, Kevin Love, Lamar Odom, Chauncey Billups, Russell Westbrook, dan Andre Iguodala.
Jason Kidd [pensiun dari kompetisi internasional], Carlos Boozer, Tayshaun Prince, dan Michael Redd adalah nama-nama yang tidak terpilih dari tim Olimpiade 2008. Sedangkan Amare Stoudemire, Stephen Curry dan Danny Granger dari tim kejuaraan dunia tahun 2010 juga tidak terpilih untuk berpartisipasi di Olimpiade 2012.
The Dream Team masih akan dipimpin oleh pelatih Mike Krzyzewski atau akrab disapa Coach K. Coach K merupakan pelatih yang mengantarkan tim basket putera AS meraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 dan juara dunia 2010.  Pelatih Universitas Duke ini akan dibantu oleh Pelatih Universitas Syracause Jim Boeheim, Pelatih New York Knicks Mike D'Antoni dan Pelatih Portland Trail Blazers Nate McMillan.
Colalengo menambahkan, menyeleksi jumlah pemain dari 20 menjadi 12 pemain terpilih merupakan keputusan yang sulit. Tapi, lewat evaluasi yang mendalam, ia yakin tim terbaik bisa terbentuk. "Para pemain akan dievaluasi berdasarkan penampilan mereka di NBA 2011/2012.  Kami akan memilih tim terbaik semampu kami," lanjutnya.
12 pemain terakhir dan enam pemain cadangan akan dipilih pada tanggal 18 Juni 2012, sebelum NBA Finals 2012 berakhir. Artinya tidak ada waktu untuk menjalankan camp tryout. Mereka akan mulai berlatih pada tanggal 6 Juli 2012.
Menurut kami, delapan pemain yang sudah pasti masuk roster tim USA Olimpiade 2012 adalah: Dwight Howard, Kobe Bryant, LeBron James, Carmelo Anthony, Dwyane Wade, Chris Paul, Kevin Durant, dan Derrick Rose.
Lima dari 20 calon pemain berikut, kami prediksi akan tersingkir dari 12 orang roster tim USA Olimpiade 2012 karena ketatnya persaingan di posisi SF [Andre Iguodala dan Lamar Odom], PG [Deron Williams], dan SG [Eric Gordon,Chauncey Billups].
Oleh karena itu tujuh pemain tersisa akan memperebutkan empat posisi kosong di roster tim USA Olimpiade 2012: Blake Griffin, LaMarcus Aldridge, Chris Bosh, Tyson Chandler, Rudy Gay, Kevin Love, Russell Westbrook. Persaingan masih akan terbuka lebar untuk tujuh pemain ini, apapun bisa terjadi.
Namun mengingat kosongnya posisi PF, kemungkinan Blake Griffin dan Chris Bosh akan masuk ke dalam 12 besar roster tim USA Olimpiade 2012 [kami mempunyai feeling kuat tentang masuknya Blake Griffin ke roster tim USA Olimpiade 2012].
Dua tempat lagi mungkin akan diisi berdasarkan kebutuhan [Tyson Chandler sebagai backup center Dwight Howard] dan talenta [Russell Westbrook]. Seandainya tim USA 2012 lebih menginginkan size, maka Blake Griffin, LaMarcus Aldridge, Chris Bosh, Tyson Chandler, dan Kevin Love berpeluang masuk.
Namun kalau mereka membutuhkan shooter, kemungkinan Eric Gordon atau Deron Williams bisa masuk. Seandainya tim USA membutuhkan defense, bukan tidak mungkin Andre Iguodala bisa terpanggil.
Berikut 12 pemain roster tim USA versi pilihan tim Sportku.com:
C Dwight Howard, Tyson Chandler
PF Blake Griffin, Chris Bosh
SF LeBron James, Carmelo Anthony, Kevin Durant
SG Kobe Bryant, Dwyane Wade
PG Chris Paul, Derrick Rose, Russell Westbrook
Enam cadangan diurutkan berdasarkan kemungkinan mereka dipanggil sebagai pengganti [apabila ada cedera dari 12 pemain di atas]: 1. LaMarcus Aldridge, 2. Kevin Love, 3. Rudy Gay, 4. Eric Gordon, 5. Deron Williams, 6. Andre Iguodala
sumber: basket.sportku.com

Tidak ada komentar: