Minggu, 16 November 2014

Tugas Pertemuan 4 "Perkembangan Telematika"


Pada saat ini perkembangan telematika telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Baik itu dari segi hardware dan software yang telah banyak bermunculan produk-produk IT yang lebih kecil sehingga efisien dalam efektifitas kegunaanya. Sebagai contoh prosessor yang sudah bisa menciptakan hingga ukuran 40nm, telepon selular dengan koneksi wifi, notebook dengan ukuran lebih kecil sehingga memudahkan keleluasaan mobilitas bagi penggunanya serta yang tidak kalah penting adalah tersedia akses hotspot dimana-mana sehingga hampir setiap orang dapat mengaksesnya.

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) juga tidak akan dengan perkembangan TIK saat ini. Perangkat komputasi berskala terabyte, penggunaan multicore processor, penggunaan memory dengan multi slot serta peningkatan kapasitas harddisk multi terabyte akan banyak bermunculan dengan harga yang masuk akal. Komputasi berskala terabyte ini juga didukung dengan akses wireless dan wireline dengan akses bandwidth yang mencapai terabyte juga. Hal ini berakibat menumbuhkan factor baru dari perkembangan teknologi. Antamuka pun sudah semakin bersahabat, lihat saja software Microsoft, desktop UBuntu, GoogleApps, YahooAPPS live. Hal ini ditunjang oleh search engine yang semakin cepat mengumpulkan informasi yang dibutuhkan oleh penggunaannya.

Pada akhirnya, era robotic akan segera muncul. Segenap mesin dengan kemampuan adaptif dan kemampuan belajar yang mandiri sudah banyak dibuat dalam skala industry kecil dan menengah.

Tetapi jauh dari itu semua, mengenai trend ke depan telematika, itu merupakan kebebasan individu untuk mengembangkan dan menjadikan sebagai suatu trend didalam masyarakat. Yang pasti dalam proses perkembangannya harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan tidak menguntungkan diri sendiri. Sehingga trend ke depan telematika dapat menjadi suatu trend yang dapat diterima dan dinikmati oleh seluruh masyarakat, baik dari kalangan atas maupun dari kalangan bawah.

Dampak positif perkembangan telematika:
  • Memudahkan dalam mendapatkan Informasi
  • Kemudahan dalam memperoleh data
  • Mendapatkan informasi dengan mudah di internet
  • Menghemat waktu dan biaya
  • Orang lain dapat berkomuunikasi secara jarak jauh
  • Perkembangan dalam Telematika, kita dapat memperoleh informasi dari berbagai sumber

Dampak Negatif perkembangan telematika:
  • Kejahatan di dalam telematika merugikan perusahaan atau organisasi.
  • Tindakan kejahatan yang dilakukan dengan mengguankan media internet. Contohnya, tindakan yang disebut carding adalah cyber, dapat menggunakan data tersebut untuk keuntungan pribadi.
  • Penyebaran Virus atau malicious ware fraud atau penipuan yang n\menggunakan electronic mail sebagai alat penyebaran informasi bagi si penipu.
  • Kejahatan Telematika merugikan individu, misal lima orang hacker (penyusup) yang berada di Moskow telah mencuri sekitar 5400 atm kartu kredit milik orang Rusia dan orang asing

Sumber:
http://rachman-mzr.blogspot.com/2013/10/dampak-positif-dan-negatif-telematika.html
https://anjar77.wordpress.com/2012/10/10/perkembangan-telematika-di-masa-depan

Tidak ada komentar: