1. FAKTOR-
FAKTOR PERUBAHAN ORGANISASI
Secara garis besar faktor penyebab terjadinya perubahan
dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu:
1. Faktor
ekstern,
2. Faktor
intern.
- Faktor
Ekstern
Adalah penyebab perubahan yang berasal dari luar, atau
sering disebut lingkungan. Organisasi bersifat responsive terhadap perubahan
yang terjadi di lingkungannya. Oleh karena itu, jarang sekali suatu organisasi
melakukan perubahan besar tanpa adanya dorongan yang kuat dari lingkungannya.
Artinya, perubahan yang besar itu terjadi karena lingkungan menuntut seperti
itu. Beberapa penyebab perubahan organisasi yang termasuk faktor ekstern adalah
perkembangan teknologi, faktor ekonomi dan peraturan pemerintah.
- Faktor
Intern
Adalah penyebab perubahan yang berasal dari dalam organisasi
yang bersangkutan, yang dapat berasal dari berbagai sumber antara lain:
ü Problem hubungan
antar anggota,
ü Problem dalam
proses kerja sama,
ü Problem keuangan.
Hubungan antar anggota yang kurang harmonis merupakan salah
satu problem yang lazim terjadi. Dibedakan menjadi dua, yaitu: problem yang
menyangkut hubungan atasan bawahan (hubungan yang bersifat vertikal), dan
problem yang menyangkut hubungan sesama anggota yang kedudukannya setingkat
(hubungan yang bersifat horizontal). Problem atasan bawahan yang sering timbul
adalah problem yang menyangkut pengambilan keputusan dan komunikasi. Keputusan
pimpinan yang berkenaan dengan system pengupahan, misalnya dianggap tidak adil
atau tidak wajar oleh bawahan, atau putusan tentang pemberlakuan jam kerja yang
dianggap terlalu lama, dsb. Hal ini akan menimbulkan tingkah laku anggota yang
kurang menguntungkan organisasi, misalnya anggota sering terlambat. Komunikasi
atasan bawahan juga sering menimbulkan problem. Keputusannya sendiri mungkin
baik tetapi karena terjadi salah informasi, bawahan menolak keputusan pimpinan.
Dalam hal seperti ini perubahan yang dilakukan akan menyangkut system saluran
komunikasi yang digunakan.
2. PROSES
PERUBAHAN
Mengubah perilaku satu orang saja bisa menjadi pekerjaan
yang sangat sulit. Mengubah perilaku 101 atau 10.001 manusia terasa bagaikan
pekerjaan yang tidak mungkin bisa dilakukan. Tapi, organisasi-organisasi yang
melakukan lompatan ke masa depan berhasil melakukannya. Perhatikan baik-baik
bagaimana mereka bertindak, dan Anda akan mengenali pola yang muncul. Mereka
berhasil tanpa memfokuskan diri pada tahapan di dalam proses secara
keseluruhan. Hal ini karena kegiatan inti mereka tidak berpusat pada
pengumpulan data formal, analisis, penulisan laporan, dan presentasi atau
kegiatan-kegiatan yang secara tipikal ditujukan mengubah pola pikir agar dapat
mengubah perilaku.
Organisasi-organisasi ini secara mengesankan menunjukkan
kepada karyawan mereka apa yang menjadi masalah dan bagaimana memecahkan
masalah-masalah tersebut. Mereka memancing respons untuk mengurangi perasaan
yang membuat lambat dan menghambat perubahan yang dibutuhkan, dan mereka
meningkatkan perasaan motivatif dengan tindakan yang bermanfaat. Kemunculan
reaksi emosional lalu memberikan energi yang memicu karyawan untuk ikut serta
dalam proses perubahan, betapapun beratnya tantangan yang harus dihadapi.
3. CIRI-CIRI
PENGEMBANGAN ORGANISASI
Ciri-ciri pengembangan organisasi adalah suatu strategi
pendidikan yang komplleks yang dimaksudkan untuk mengubah keyakinan, sikap,
nilai dan struktur organisasi sehingga mereka dapat lebih beradaptasi dengan
teknologi baru, pemasaran dan tantangan, dan tinngkat yang memusingkan perubahan
itu sendiri.
4. METODE
PENGEMBANGAN ORGANISASI
Terdapat 2 macam metode dalam metode pengembangan organisasi
:
1. METODE PENGEMBANGAN PERILAKU
- PROGRAM
GERADI MANAJEMEN
Program yang mengkombinasikan pelatihan kepemimpinan
dan latihan pengembangan kelompok.
- PEMBINAAN
TIM
Suatu tehnik manajemen yg mencakupkan sejumlah metode
spesifik untuk membentuk kerja tim yang
efektif, baik didalam maupun di antara
kelompok kerja.
- PERENCANAAN
KEHIDUPAN
Suatu metode pengembangan yg mendorong dan memungkinkan orang orang memainkan peran aktif dalam
memadukan karier dan aktivitas
kehidupan mereka kearah hasil yang memuaskan
- PELATIHAN
KEPEKAAN
Metode yang diterapkan secara luas untuk membantu orang
orang mempelajari cara peningkatan
ketrampilan antar pribadi mereka.
2. METODE PENGEMBANGAN STRUKTUR
- MANAJEMEN
BERDASARKAN SASARAN/MANAJEMEN BY
OBJECTIVE (MBO)
Membantu menyediakan wewenang lebih besar bagi setiap orang untuk menentukan tujuan pekerjaan
mereka
- SISTEM 4
Merupakan pendekatan yg diterapkan secara luas untuk mengembangkan karakteristik desain organik
dalam suatu organisasi
- TEKNOLOGI
DESAIN MAPS(multivariate analysis)
Metode mendesain organisasi berdasarkan hubungan yg dipandang perlu untuk melaksankan tugas
individu
Sumber:
http://idadwiw.wordpress.com/2011/12/18/faktor-faktor-perubahan-organisasi/
http://rosdianya.wordpress.com/2011/12/20/metode-pengembangan-organisasi/
http://penabulu.org/2012/03/proses-perubahan/
http://raitosun.blogspot.com/2011/10/ciri-ciri-pengembangan-organisasi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar